Senin, 05 Maret 2012

Dodol Kentang Primadona Kerinci

KERINCI, tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, serta keanekaragaman budaya yang memukau. Namun Kerinci, yang merupakan Kabupaten paling barat Provinsi Jambi, juga memiliki makanan khas yang bisa dijadikan oleh‑oleh untuk keluarga, usai berkunjung di Kerinci.
    Salah satu makanan khas kerinci yang saat ini semakin populer, adalah dodol kentang yang terdapat di Desa Lubuk Nagodang, Kecamatan Gunung Kerinci. Dodol kentang yang dibuat dari kentang bermutu tinggi, dari perkebunan disekitar lereng gunung kerinci, memiliki cita rasa yang sangat spesial. Menariknya, produksi dodol kentang yang dibuat warga lubuk nagodang, memiliki citarasa yang beragam. Diantaranya rasa strobery, pandan, gula aren, duren, kacang, coklat, dan berbagai pilihan rasa lainnya.
    Awalnya, industri pembuatan dodol kentang ini hanya digeluti sekelompok kecil warga saja. Namun, karena bagusnya prospek pengembangan dodol kentang, membuat sejumlah warga lainnya tertarik untuk menggeluti usaha serupa, terutama ibu‑ibu rumah tangga dan remaja putri.
    "Warga yang memproduksi dodol kentang memang semakin banyak, karena prospeknya cukup bagus. Bahkan saat ini jumlah tersebut sudah mencapai 60 orang pengusaha," kata Kepala Dinas Perindustrian, Pergadangan dan ESDM Kabupaten Kerinci, Mansuri Madin.
    Selain memproduksi dodol kentang lanjutnya, warga Kecamatan Gunung Kerinci juga memproduksi sirup kulit manis, yang juga banyak diburu wisatawan sebagai oleh‑oleh. "Selain nikmat, sirup kulit manis juga sangat baik untuk kesehatan," katanya.
    Meskipun penjualan dodol kentang sudah sampai ke beberapa pasar di Provinsi Jambi, pemburu dodol kentang khas Kerinci tetap banyak yang langsung ke Desa Lubuk Nagodang. Sekedar untuk melihat secara langsung cara pembuatannya, bahkan ada yang langsung masuk ke dapur pembuatan.
    "Kami memang sengaja berkunjung ke Desa Lubuk Nagodang, untuk melihat secara langsung pembuatan dodol kentang kerinci. Selain mendapatkan dodol yang enak, kami juga bisa tahu bagaimana cara pembuatannya," ungkap Vina, wisawatan asal Kota Jambi, saat ditemui Tribun di Lubuk Nagodang beberapa waktu lalu.(eja/tribunnews)
Jambi, 31 Januari 2012

1 komentar:

  1. mmm...enak loh, yang blm pernah makan, cobain yuk..^_^

    BalasHapus